Senin, 15 Oktober 2012

Tradisi Berjanjen



Berjanjen mungkin di telinga teman – teman agak asing dengan istilah itu. Ya berjanjen adalah tradisi yang berkaitan dengan agama Islam. Dahulu merupakan sarana dakwah. Berjanjen dilangsungkan apabila bayi sudah berumur 7 hari atau pada saat akan menyembelih aqiqah yang biasanya berupa kambing. Sekarang ini tradisi berjanjen sudah mulai berkurang namun masih tetap ada yang melaksanakannya. Kitab berjanjèn isiné ngenani budhi pakertèning kanjeng nabi kayata ajaran akhlak, ibadah, lan amaliyah. Tentu saja membaca kitab ini tentu akan dapat pahala yang besar karena menceritakan keteladanan perilaku nabi Muhammad SAW.
Alhadulillah kebetulan aku belum lama ini mendapat kesempatan menghadiri acara berjanjen yang diadakan oleh tetanggaku sendiri. Yang aku lihat pembacaan kitab berjanjen juga dilakukan dengan cara menyanyikannya dengan iringan musik dari rebana atau orang disekitar ku sering memanggilnya hadroh. Dulu sempat juga aku belajar cara memainkan musik ini susah – susah gampang lah. Hehe. Apalagi pas pertama nyoba telapak tangan terasa panas, yaa mungkin karena belum terbiasa. Dalam bermain rebana terdapat dua pokok irama. Kalo main band tentu kita mengenal istilah ritym dan melodi begitu juga di hadroh ini. Rytem biasa kita sebut dengan grinci. Sementara melodi bisa juga disebut dengan tikah. Tapi itu menurut pribadi penulis sih. Ahehehe. 
Oiya, acara berjanjen dimulai dari didengungkannya music hadroh, kemudian bayi dibawa oleh sang ayah untuk dipotong rambutnya sedikit. Kemudian bayi masih di gendong oleh sang ayah memutari peserta yang ada pada acara berjanjen tersebut. Setiap peserta nanti bakal membisiki doa kepada bayi tersebut. Harapannya agar bayi tersebut menjadi anak yang solih dan solikhah.  

Lebih jelasnya, berikut adalah beberapa foto yang berhasil aku abadikan.



para santri yangbermain rebana

vokalis yang menyanyikan lagu2 shalawat kepada Rasulullah SAW

pemain bas

alat yang digunakan untuk pencukuran rambut bayi

rambut bayi dicukur

bayi digendong oleh sayng ayah mengelilingi peserta berjanjen

peserta membisiki doa kepada bayi

bayi didoakan oleh salah satu peserta

0 komentar: