Minggu, 28 April 2013

Lomba Pacuan Kuda Bupati Cup ke III



Selamat pagi teman – teman bocahebantul. Kali ini mimin mau membagikan oleh – oleh dari kemarin nonton lomba pacuan kuda di Gelanggang Pacuan Kuda Sultan Agung, Bantul. Lomba pacuan kuda ini diadakan pada hari sabtu dan minggu tanggal 20-21 April 2013. Dan kebetulan mimin berkesempatan melihat lomba pacuan kuda pada hari minggu tanggal 21 April 2013. Kegiatan lomba ini diselenggarakan oleh Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) dan Pemkab. Bantul yang memperebutkan Bupati Bantul Cup III.

Para Jogki dan Kudanya beradu kecepatan
Para Jongki dan Kudanya berpacu setelah melewati tikungan
Pada saat mimin mencari informasi, pada hari itu diadakan 16 kali races/ balapan dengan berbagai kategori kelas yang berbeda – beda. Mulai dari kelas 600 m, 800 m, 1000 m, 1500 m, sampai dengan kelas 2000 m. perlombaan dimulai dari pukul 10.00 (kalau gak salah, mimin lupa liat jam waktu itu). Meskipun hari itu sangat panas namun antusiasme masyarakat Bantul untuk melihat perlombaan sangat tinggi.

antusiasme penonton yang berada di Stadion maupun yang berada di pinggir garis batas
      Seperti perlombaan pacuan kuda pada umumnya penonton dan fotografer dilarang untuk melewati pagar dan masuk kedalam arena balapan. Karena bisa membuat kuda takut berlari. Namun meskipun sudah ada pengamanan, ada saja warga yang “ngeyil” nekat masuk kelapangan. Alhasil, ya ditabrak kuda. Mungkin ini bisa menjadi pelajaran buat mimin dan para penonton lainnya agar tidak memasuki lapangan saat balapan dimulai dan menaati peraturan yang ada. Karena peraturan itu dibuat juga untuk kebaikan kita juga. Hehe

pertolongan dari ambulan untuk menyelematkan warga yang terseruduk kuda pacuan

Kuda pacuan melesat kencang hingga seakan mau terbang
Even lomba pacuan kuda di gelanggang pacuan kuda Sultan Agung memang acap kali di gelar. Selain memperebutkan piala bupati cup, terkadang juga memperebutkan piala gubernur DIY  atau piala Sultan. Untuk hasil pertandingan dari lomba Bupati Bantul Cup III bisa dilihat disini nih. Hehe
banyaknya debu yang harus diderita penonton yang melihat di pinggir garis batas
Teman – teman kalau pengen melihat kuda pacu tidak harus pas perlombaan juga bisa lho. Karena di gelanggang pacuan kuda Sultan Agung selalu digelar latihan pacuan kuda tiap hari sabtu pagi. Jadi jika teman – teman lagi weekend dan pengen lihat kuda pacu beraksi datang aja kesana. Namun ya kudanya tidak sebanyak pada waktu diperlombakan. Oiya sekedar tambahan info, ini mimin ada link jadwal turnamen pacuan kuda. Bisa dilihat disini. Dari website tersebut dikatakan untuk di daerah Bantul akan digelar lagi tanggal 3 November 2013, memperebutkan piala Sri Sultan Hamengku Buwono X Cup ke 5.
Itu aja teman – teman oleh dari mimin, semoga bermanfaat yak. Salam Olahraga.

0 komentar: