Jumat, 08 Juni 2012

Pantai Parangtritis Bantul


                Dengan rasa terkantuk – kantuk yang amat mendalam, saya akan menceritakan kembali perjalanan saya ke Pantai Parangtritis. Pantai ini terletak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dari Kota Bantul memakan waktu paling lama setengah jam untuk mencapai wilayah tersebut.
                Pantai Parangtritis merupakan pantai yang terlengkap menurut saya ketimbang pantai – pantai lainnya di daerah Bantul ini. Namun, tidak lantas bahwa saya mengatakan kalau pantai – pantai lain selain pantai Parangtritis jelek/ kurang lengkap bukan seperti itu. Karena saya sadar bahwa setiap pantai memiliki karakteristik nya masing – masing.
Cantiknya Pantai Parangtritis Bantul di waktu pagi hari

            
Saya menyebut pantai Parangtritis lengkap karena beberapa hal yaitu pertama, jika kita tiba di pantai Parangtritis, kita akan menjumpai Pantai yang luas dan terdapat koral – koral di pinggir pantai sebelah timur yang tidak akan kita jumpai di pantai – pantai lainnya di daerah Bantul. Kedua, di sekitar pinggir pantai terdapat alat transportasi lengkap yang bisa digunakan untuk menyusuri pinggir pantai.
Berpacu dengan dokar di tepi Pantai Parangtritis Bantul
Berkeliling Pantai Parangtritis dengan Dokar

                Di pantai Parangtritis anda akan menjumpai hamparan pantai yang sangat luas. Terbentang dari timur ke barat. Dari timur pantai parangtritis dibatasi oleh tebing yang menjulang tinggi ke atas dan mejorok kelaut. Sehingga pantai ini terkesan luas tapi indah.  Di tengah – tengah ada wahana bermain APV. Selanjutnya apabila anda pingin untuk berjalan mengelilingi pantai Parangtritis bisa menyewa dokar. Karena disana banyak sekali warga yang menyediakan jasa transportasi berupa dokar. Dan tentunya dengan harga yang terjangkau.
Pantai Parangtritis di sebelah timur

Indahnya Pantai Parangtritis di sebelah timur

                Tak jauh dari Pantai Parangtritis juga terdapat Pantai Parangkusuma, yang terkenal dengan Cepuri Parangkusuma nya. Juga di sini terdapat mesjid yang lumayan besar. Biasanya Pantai Parangkusuma akan ramai dikunjungi pada saat event – event tertentu, misalnya Melasti dll. Selain pantai Parangkusuma juga ada pemandian Parangwedang yang menyuguhkan sensasi mandi dengan air hangat.
                Di Komplek Pantai Parangtritis ini juga terdapat wisata religi nya yaitu adanya makam syeh bela belu, atau syeh maulana magribi. Namun untuk sampai kesana kita harus naik tangga yang cukup banyak anak tangganya.
                Tak lupa pula di Pantai ini terdapat keajaiban dunia berupa gumuk pasir terbesar se ASEAN. Itu kata guru geografi saya dulu. Hehe. Jadi kalau datang di Pantai Parangtritis dari pagi sampai sore tidak akan bosan. Mengingat pantainya yang bersih dan indah, wahana yang lengkap, dan juga tempat wisata yang banyak. SO, Lets go to The Paris (Parangtritis) of Bantul. Hehe :D

Untuk galeri foto lebih lengkap silahkan berkunjung ke sini

0 komentar: