Selasa, 06 November 2012

Wedang Uwuh Minuman Khas Imogiri Bantul


            Salah satu minuman khas daerah Imogiri Bantul adalah wedang uwuh. Ya, nama uwuh merupakan istilah untuk menyebut sampah berjenis dedaunan. Jadi wedang uwuh merupakan wedang yang diberi uwuh. Namun gak sembarang jenis uwuh bisa masuk kedalam wedang ini. Uwuh yang ada pada wedang ini merupakan daun dari kayu manis, daun dari cengkeh, dan daun pala. Untuk memperlezat minuman ini, ditambahkan lah bahan – bahan seperti kayu secang, gula batu,, dan jahe.  
            Wedang ini bewarna merah yang dihasilkan dari kayu secang, hangat dan didalamnya berisi banyak dedaunan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat gambar berikut ini.
Penampakan Wedang Uwuh bewarna mera
            Wedang uwuh banyak sekali ditemukan di Imogiri, terutama didaerah terminal imogiri, atau pun makam raja – raja imogiri. Tapi sekarang berkat kemajuan teknologi dan kreativitas pedagang disana wedang uwuh bisa dibawa pulang dalam bentuk sachet. Adapun harga per sachet bisa mencapai 1.000 – 1.500 rupiah. Dan bisa juga menerima pesanan dalam bentuk partai besar. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat foto dibawah ini.

Wedang uwuh dalam bentuk sachet
            Berbicara mengenai sejarah dari wedang uwuh pada saat wawancara ditempat saya tidak bisa menemukan siapa penemu pertama kali wedang uwuh. Mungkin karena terbatasnya waktu yang aku miliki untuk bermain di daerah imogiri. (maklum orang sibuk. Zzzzz). Namun dalam sebuah situs saya menemukan sejarahnya. Jika teman – teman berminat bisa Klikdisini.

            Adapun khasiat dan manfaat dari wedang uwuh ini bisa dilihat di link berikut ini. Klik disini. Atau Klik ini. Yang jelas ketika saya wawancara wedang ini sangat segar diminum dipagi hari. Dan memberikan efek kesegaran bagi si peminumnya. Ndak percaya. Silahkan coba sendiri aja. Selamat Mencoba ^.^

2 komentar:

Galuh Danang, S.Si, M.Pd. mengatakan...

menggiurkan

Check out this site: http://mandirimerakyat.blogspot.com/2012/12/apapun-keinginan-anda-bank-mandiri-saja_25.html … …

Galuh Danang, S.Si, M.Pd. mengatakan...

http://mandirimerakyat.blogspot.com/