Minggu, 05 Mei 2013

"Emprit" si burung pipit Bantul



Burung pipit banyak sekali dijumpai di seluruh Indonesia. Terutama di pedesaan yang sebagian besar bercorak agraris. Karena burung pipit senang sekali memakan bulir – bulir padi. Dikutip dari Wikipedia.com
“Pipit adalah nama umum bagi sekelompok burung kecil pemakan biji-bijian yang menyebar di wilayah tropis Dunia Lama dan Australasia. Burung-burung ini sekarang dimasukkan ke dalam suku Estrildidae, meski ada juga yang menganggap kelompok ini adalah anak-suku (Estrildinae).”
Burung Emprit sedang menjemur sayapnya

            Di daerah Bantul ini banyak petani membenci burung – burung ini. Dan menganggap mereka adalah burung hama. Sehingga banyak petani yang menggunakan orang – orangan dari sawah untuk mengusir kehadiran burung ini. Di daerah mimin burung pipit ini di panggil Emprit. Asal kata emprit sendiri karena berasal dari bunyi si burung pipit. Sama seperti burung – burung lainnya kebanyakan warga disini member nama burung kalau tidak dari warnanya, suaranya, atau habitatnya. Misalkan saja burung yang berbunyi ciblek..ciblek.. diberinama burung ciblek. Trus ada segerombolan burung pipit yang sering berada di sekitar gereja diberinama burung gereja.

          Kebetulan mimin sedang iseng iseng, mengamati burung emprit di sawah dekat rumah. Burung ini memang senang sekali memakan bulir – bulir padi. Dan biasanya membuat sarang di dekat persawahan dengan pohon yang tidak terlalu tinggi. Namun terkadang juga kita bisa menjumpai burung emprit ini di dekat – dekat rumah. Yup. Ini semua hanya observasi mimin. Hehe
  Meskipun burung emprit ini di gadang – gadang sebagai hama sawah. Banyak manusia yang memburu burung ini. Hasil tangkapan burung pipit ini nantinya dipoles dengan rupa yang warna – warni. Selanjutnya di jual kepada anak – anak SD atau TK dengan harga 1 ribu hingga 3 ribu per burung.  Dan dalam berbagai event seperti hari raya imlek, waisak, dll. Banyak burung pipit yang sengaja di beli kemudian dilepas lagi sebagai rangkaian dari event tersebut.
Burung Emprit juga bisa kita jumpai di dekat rumah, mencari biji - bijian atau ulat dalam pohon
burung emprit dianggap hama padi di persawahan oleh para petani
gambar burung emprit yang sedang memakan bulir padi
         

0 komentar: