Selasa, 11 Juni 2013

Aku ingin jogja bisa dinikmati dari atas ( High Angle )



                Dari judul diatas saya mengaku sedang berada di alam mimpi. Namun ketika terbangun dari tidur, saya yakin impian ini bisa diwujudkan.  Saya bisa menebak bahwa yang dipikirkan teman – teman semua adalah naik pesawat. Secara logika itu adalah langkah yang paling mudah untuk mewujudkan impian aku ingin jogja bisa dinikmati dari atas. Namun bukan itu yang saya maksud teman – teman semua. Hihihii.  Penasaran kan! Kalau ingin tahu lebih lanjut baca artikel Aku ingin jogja bisa dinikmati dari atas ( High Angle ) secara menyeluruh yah.

Keindahan Hamparan Pantai Samudra Hindia jika dilihat dari high angle
           Impian saya ini berawal ketika saya pergi bermain di wisata sand dune (bukit pasir) di sepanjang kawasan parangtritis. Saya merenung di tempat itu, apa yang saya renungkan adalah bagaimana bisa menikmati sand dune ini secara keseluruhan. Dan dari situ lah ide untuk menikmati sand dune dari atas (high angle) muncul.  Ide saya ini bukan lah tanpa beralasan. Namun, banyak faktor yang mendukung ide saya ini bisa terwujud. Pertama adalah adanya landasan pacu di kawasan pantai depok. Landasan pacu ini bisa dijadikan sarana landas dan terbang bagi alat untuk melihat dari ketinggian. Kedua, objek atau lokasi sangat menarik jika dilihat dari high angle. Kita tahu bahwa di sepanjang gumuk pasir terdapat hamparan samudra hindia yang luas, mulai dari Pantai Parangtritis hingga Pantai Pandansimo. Bahkan kita bisa melihat pertemuan antara sungai progo dengan samudra hindia.  Sebuah fenomena alam yang jarang kita lihat. Selain itu jika kita mengudara ke utara, kita akan disuguhi hamparan sawah hijau. Karena daerah Bantul terkenal juga dengan daerah agraris.jika kita mengudara ke utara lagi, kita akan disuguhi hamparan pemukiman penduduk kota jogja.  Mengudara ke utara lagi, kita akan disuguhi pemandangan gunung Merapi dan Merbabu yang sangat indah. Wow, menarik bukan?



Wisata Balon Udara
            Untuk mewujudkan impian Aku ingin jogja bisa dinikmati dari atas tadi ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Yang pertama adalah menikmati kota jogja melalui balon udara. Wisata balon udara di Indonesia mungkin masih sangat asing. Karena setau saya, jika ingin menikmati wisata Balon Udara di Indonesia hanya ada di Bali. Untuk info lebih lanjut tentang wisata balon udara di Bali bisa lihat link ini. Di Luar negri sendiri wisata Balon Udara yang terkenal adalah di Cappadocia, Turki. Wisata di daerah ini menyuguhkan "peri cerobong asap" vulkanik dan kota bawah tanah yang dipahat dari batu lembut.  Jika wisata balon udara ini ada di daerah Jogja, kita tidak lagi harus jauh – jauh ke turki hanya untuk merasakan sensasi mengendarai balon udara. Dengan adanya wisata balon udara ini pariwisata jogja tentu akan semakin lebih lengkap. Tidak hanya di darat, dan di laut, akan tetapi juga memaksimalkan wisata di udara. Kendala yang mungkin dihadapi adalah cuaca. Indonesia adalah negara tropis dengan 2 musim yaitu musim penghujan dan kemarau. Wisata balon udara ini tentu hanya bisa dijalankan pada musim kemarau, ini berkaitan dengan sumber energy balon udara yaitu api. Namun, kondisi musim sekarang tidak lagi bisa diprediksi dengan mudah. Kapan musim kemarau akan berlangsung menjadi susah ditebak.
            Wisata Gantole dan Terjun Payung
            Wisata gantole dan terjun payung sudah familiar di Yogyakarta. Ini karena event perlombaan gantole dan terjun payung acap kali diselenggarakan di kawasan Pantai Parangtritis dan sekitarnya. event tersebut adalah Jogja Air Show. Untuk terjun payung diadakan di bukit paralayang dan mendarat di pantai Parangtritis. Sementara Gantole diadakan di landasan pacu pantai Depok.  Akan tetapi kehadiran alat gantole dan terjun payung  ini belum bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Dan hanya dapat dinikmati oleh kalangan tertentu saja. Andai saja kedua alat ini disewakan kepada masyarakat luas. Mungkin akan menjadi daya tarik tersendiri untuk pariwisata di Yogyakarta. Akan tetapi kendala yang paling menonjol adalah untuk menggunakan alat ini memang butuh keahlian, sehingga menjadi hambatan yang sulit dipecahkan. Jika kedua alat ini bisa dimodifikasi sedemikian rupa menjadi transportasi udara yang mudah digunakan oleh orang lain, akan menjadi usaha bisnis yang sangat potensial.
            Kedua hal diatas mungkin memang masih menjadi impian. Akan tetapi impian Aku ingin jogja bisa dinikmati dari atas ini didasari karena faktor fasilitas – fasilitas yang ada disekitar kawasan tersebut yang sangat mendukung untuk terwujudnya impian itu. Semoga saja artikel Aku ingin jogja bisa dinikmati dari atas ( High Angle ) saya ini bisa dilihat sebagai peluang untuk memajukan pariwisata jogja. Dangan keinginan aku untuk menikmati jogja dari high angle dapat terkabul. Amin.
             

0 komentar: